STUDI FENOMENOLOGI : PROBLEMATIKA GURU DAN WALI MURID SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

  • Rita susila wardani Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami oleh guru dan wali murid sekolah dasar di Kecamatan Taman . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyadian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh guru dan walimurid berupa, kesulitan pengoperasian aplikasi pembelajaran daring, ketersediaan jaringan dan perangkat teknologi yang kurang memadai, merangkai kurikulum dan merancang pembelajaran daring yang sesuai dengan materi, manajemen pengelolaan proses pembelajaran daring, menyusun penilaian pembelajaran daring, dan kurangnya kontrol dari walimurid.

Kata Kunci: pembelajaran daring,  kendala pembelajaran daring, guru sekolah dasar dan walimurid.

Published
2021-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 2515
PDF Downloads: 1099