PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL MUATAN PADA KOMPETENSI IPS KELAS IV MI MA’HADUT THULLAB JOGODALU KAB GRESIK

  • Ninik Komariyatus Saadah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan Modul pembelajaran berbasis konservasi sumber daya alam berorientasi kearifan lokal bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan siswa kelas IV MI Mahadut Thullab Jogodalu yang berkaitan dengan kesadaran mereka terhadap konservasi sumber daya alam dan penanaman nilai kearifan lokal. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model 4-D dengan tahap pendefinisian (define), Perancangan (design), dan Pengembangan (develop), dan Penyebaran (disseminate). Sampel penelitian pada uji coba lapangan ini ialah siswa kelas IV MI Ma’hadut Thullab Jogodalu yang berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar penilain pretest dan posttest. Hasil kevalidan media memperoleh persentase 91% dari validasi media dan 87% dari validasi materi. Serta hasil keefektifan media menggunakan rumus N-Gain memperoleh peningkatan sebesar 0,46 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan uji t-test yaitu pretest siswa 71,43< posttest 84,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis konservasi sumber daya alam berorientasi kearifan lokal pada muatan kompetensi IPS layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran,Konservasi SDA, Kearifan Lokal.

Published
2021-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 79