PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MONOPOLI SUKU DAN AGAMA” TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS 4 DI SDN SANDINGROWO TUBAN

  • Sasmita Prakasa Universitas Negeri Surabaya
  • M. Husni Abdullah

Abstract

Pengembangan media Monopoli Suku dan Agama dilatar belakangi karena kurang maksimalnya peserta didik dalam memahami materi pembelajaran tema 7 subtema 1 di kelas IV. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran Monopoli Suku dan Agama yang layak dan mengetahui tingkat kelayakannya pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar validasi ahli. Hasil presentase uji validasi ahli media mencapai 86,15% dengan kategori sangat baik yang berarti sangat valid dan ahli materi mencapai 86,67% dengan kategori sangat baik yang berarti sangat valid. Dari hasil analisis tersebut, bisa disimpulkan media Monopoli Suku dan Agama “Monosuka” sangat layak digunakan untuk pembelajaran pada tema 7 subtema 1 di kelas IV.

Kata Kunci: Monopoli Suku dan Agama, tema 7, subtema 1

Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 64