Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI)

  • niken aruna timur Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto wiryanto

Abstract

Miskonsepsi adalah kesalahan pemahaman terhadap suatu konsep. Miskonsepsi matematika perlu diminimalisir karena sebagian besar konsep matematika saling berkaitan.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal materi KPK dan FPB menggunakan Certainty of Response Index (CRI), mendeskripsikan penyebab miskonsepsi, serta mengetahui upaya untuk meminimalisir miskonsepsi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Randuharjo 2 sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes uraian dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan yaitu soal tes diagnosis yang disertai skala CRI, dan pedoman wawancara. Analisis data hasil tes uraian dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa dan skala CRI diberikan, sedangkan analisis data wawancara dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi yaitu 27,7%. Miskonsepsi yang dialami siswa adalah kesalahan memahami perintah soal, miskonsepsi pada konsep faktor dan kelipatan, miskonsepsi operasi hitung perkalian dan bilangan berpangkat, miskonsepsi menentukan KPK dan FPB menggunakan faktorisasi prima, miskonsepsi dalam memahami soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Penyebab miskonsepsi yakni metode pembelajaran, penyampaian materi kurang maksimal, prakonsepsi yang salah, kurangnya ketelitian, kurangnya motivasi belajar saat daring. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir miskonsepsi yakni melakukan pembelajaran melalui zoom meeting, mengirimkan video pembelajaran, melaksanakan home visit, menanamkan apersepsi, mengadakan remedial dan pengayaan, diadakan kegiatan kerja kelompok.

Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index, KPK dan FPB

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 1158
PDF Downloads: 536 PDF Downloads: 0