PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Pop-up Book merupakan pengembangan media berbentuk buku timbul tiga dimensi yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam menyiapkan media yang menarik, terbatasnya koleksi sekolah, serta kurangnya kesadaran guru terkait pentingnya media untuk menunjang proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pop-up book yang layak dengan mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pada materi siklus air. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalan R&D dari Borg and Gall terdapat 10 tahapan namun peneliti hanya memakai 7 tahapan karena adanya pandemic covid-19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas V SDN Gilang I Sidoarjo. Instrumen yang dipakai yaitu lembar validasi media dan materi, lembar angket guru dan siswa, dan lembar pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif berupa KKM, presentase dan N-Gain. Hasil kevalidan media melalui uji validasi mendapatkan presentase sebesar 91,76%, kevalidan materi 88,57%, kepraktisan angket respon guru sebesar 98% dan angket respon siswa sebesar 93,4% sehingga didapatkan skor rerata 95,7% serta keefektifan media diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 100% dan N-Gain 0,6781 dengan kategori peningkatan hasil belajar sedang yang berarti sangat efektif untuk digunakan. Sehingga, media pop-up book materi siklus air dapat dikatakan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: pengembangan media, pop-up book, siklus air.