PENGEMBANGAN MEDIA E-SCRAPBOOK MATERI NEGARA – NEGARA ASEAN PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada penelitian ini mengembangkan media e-scrapbook materi negara – negara ASEAN di kelas VI Sekolah Dasar dengan tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan media e-scrapbook melalui instrumen validasi materi dan media, kuisioner tanggapan peserta didik, serta pre-test dan post-test peserta didik. Model penelitian ini menerapkan model ADDIE dengan lima langkah pengembangan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Dari uji kelayakan diperoleh presentase dari validasi materi sebesar 84,61%, validasi media sebesar 82,5%, dan rerata nilai kuisioner respon peserta didik sebesar 93,75%. Dari uji keefektifan diperoleh hasil uji N-Gain sebesar 0,55 yang menunjukkan adanya peningkatan nilai pre-test ke post-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media e-scrapbook negara-negara ASEAN layak dan efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: pengembangan media, e-scrapbook, negara-negara ASEAN.
PDF Downloads: 641