PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI MERONCE DARI BAHAN ALAM MELALUI PEMANFAATAN UNSUR SENI RUPA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 1 SUKODADI LAMONGAN

  • Reni Luvita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Terjadinya kesenjangan mengenai proses pembelajaran yang terbatas pada sebuah alat, bahan dan teknik
kurang bervariasi karena hanya berpaku pada petunjuk di dalam buku siswa. Tujuan dari penelitian ini
meliputi : 1) Mendeskripsikan tahap-tahap dikembangkan lembar kerja peserta didik seni budaya dan
prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan unsur seni rupa kelas I Madrasah
Ibtidaiyah. 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan pengembangan LKPD Seni Budaya dan Prakarya materi
meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. 3) Mendeskripsikan
respon siswa mengenai lembar peserta didik seni budaya dan prakarya materi meronce dari bahan alam
melalui pemanfaatan unsur seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Model penelitian ini yaitu Research and
Development (R&D).
Pengembangan media ini pada validasi materi memperoleh presentase 95,2 %. Sedangkan validasi media
memperoleh presentase 78 %. Pada tahap implementasi yang dilakukan pada siswa kelas I MI
Muhammadiyah 01 Sukodadi Lamongan memperoleh presentase angket rerata 91% , sehingga kesimpulan
yang didapat yaitu media pengembangan LKPD Seni Budaya dan Ketrampilan sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan Media, LKPD Seni Budaya dan Ketrampilan, Materi Meronce.

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 350
PDF Downloads: 239