PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BATARA ADVENTURE BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA NUSANTARA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Magdalena Mustika Izalatul Ilmi Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Penelitian pengembangan dilatarbelakangi karena adanya kesenjangan antara kondisi aktual dengan kondisi ideal yaitu kurangnya pemanfaatan media belajar dengan memanfaatkan teknologi komunikasi berbasis android untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS keragaman suku dan budaya nusantara kelas IV SD. Tujuan penelitian pengembangan adalah mendeskripsikan proses pengembangan media permainan batara adventure serta kelayakan media permainan melalui uji validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba pengguna melalui angket. Penelitian pengembangan menggunakan jenis penelitian pengembangan atau disebut dengan penelitian Research and Development versi Borg and Gall yang diadaptasi dalam Setyosari yang terdapat 5 tahapan pengembangan. Untuk mengetahui kelayakan media permainan batara adventure berdasarkan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan presentase sebesar 89,33% dan uji validasi media menunjukkan presentase sebesar 88,23%.  Selanjutnya hasil angket dari respon pengguna menunjukkan presentase sebesar 94,5%. Dari penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan batara adventure berbasis android termasuk dalam kriteria valid dan sangat layak untuk digunakan.

Kata Kunci: pengembangan, media batara adventure, android, keragaman budaya.

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 212
PDF Downloads: 146