Pengembangan Media MIKARAGAM (Miniatur Kereta Api Keberagaman Agama) pada Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Agama Kelas IV SD

  • Nova Dwi Anggraini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran dan merupakan bagian yang penting. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas IV SDN Jotosanur II Tikung Lamongan terkait pembelajaran pada materi keberagaman agama, ditinjau dari permasalahan di lapangan, peneliti memilik suatu alternatif untuk mengatasi keterbatasan permasalahan dalam materi keberagaman agama dalam kegiatan pembelajaran muatan IPS, yaitu dengan membuat inovasi pada media pembelajaran. Media yang dikembangkan yaitu MIKARAGAM (Miniatur Kereta Api Keberagaman Agama). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan media MIKARAGAM (Miniatur Kereta Api Keberagaman Agama) dalam pembelajaran IPS materi keberagaman agama kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mendeskripsikan keefektifan media MIKARAGAM (Miniatur Kereta Api Keberagaman Agama) dalam pembelajaran IPS materi keberagaman agama kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti menggunakan metode yang dikembangkan oleh ADDIE dalam mengembangkan penelitian ini. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam mengembangkan produk media MIKARAGAM dengan menggunakan model ADDIE, yaitu : analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Penelitian ini dilaksanakan secara terbatas dikarenakan masih terjadi pandemi COVID-19, sehingga responden yang diambil sebanyak 8 orang, yang merupakan siswa kelas IV Sekolah Dasar dari sekitar lingkungan tempat tinggal peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MIKARAGAM dinyatakan sangat valid, dengan dibuktikan hasil validasi materi sebesar 82% dan validas media sebesar 85%. Hasil kepraktisan media menunjukkan bahwa media MIKARAGAM dinyatakan sangat praktis, dengan dibuktikan hasil respon siswa sebesar 92,5%. Media MIKARAGAM dinyatakan efektif dalam penggunaan pembelajaran IPS, ditinjau dari hasil pretest dan posttest siswa. Hasil yang diperoleh dihitung menggunakan rumuus N-Gain dan diperoleh nilai sebesar 0,8%. Dapat disimpulkan bahwa media MIKARAGAM (Miniatur Kereta Api Keberagaman Agama) baik digunakan untk siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman agama.

Kata Kunci: Pengembangan, media MIKARAGAM, keberagaman agama

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 135