PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Rita Yuliyanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan media video pembelajaran pada kondisi pandemi Covid-19 dapat digunakan dalam proses

kegiatan pembelajaran Online dengan menggunakan aplikasi Google meet. Tujuan dari penelitian ini yaitu

untuk mengembangkan media video pembelajaran yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran

IPA materi siklus air pada peserta didik Kelas V SD. Kelayakan media dilihat dari kevalidan, kepraktisan

dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan dengan pendekatan

ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode validasi, angket tanggapan

pendidik dan peserta didik serta lembar pretest dan posttest yang digunakan pada uji coba skala terbatas

dengan 17 peserta didik Kelas V SDN Barengkrajan I. Hasil uji validasi media memperoleh nilai

persentase 96% dan validasi materi 82% yang termasuk pada kategori sangat valid. Kepraktisan media

diperoleh dengan berdasarkan pada angket tanggapan pendidik dengan hasil nilai persentase 100% dan

peserta didik 92,94% yang termasuk pada kategori sangat praktis. Media video pembelajaran efektif

digunakan berdasarkan pada hasil ketuntasan belajar peserta didik dengan hasil nilai persentase 94,11%

dan nilai rata-rata peningkatan belajar 0,59 yang termasuk pada kategori sedang. Sehingga, media video

pembelajaran IPA materi siklus air layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar

peserta didik.

Kata Kunci: pengembangan media, media video pembelajaran, siklus air

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 363
PDF Downloads: 460