PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PELITA PLUS PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian pengembangan ini mengembangkan media pop-up book PELITA plus yang bertujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran berbasis ICT yaitu android pada materi kenampakan alam kelas V Sekolah Dasar, mengetahui proses pengembangan media pop-up book PELITA plus dan juga untuk mengetahui tingkat kevalidan serta kelayakan media pop-up book PELITA plus pada materi kenampakan alam kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media diketahui dari hasil validasi uji validasi ahli media dengan hasil sebesar 88% dengan kriteria valid, dan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil sebesar 88% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kelayakan media melalui uji coba kelompok kecil atau terbatas pada 8 siswa kelas V Sekolah Dasar mendapatkan hasil sebesar 90,75% dengan kriteria sangat layak dan nilai rata-rata siswa ketika sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media pop-up book PELITA plus yaitu 68,7 dan 87,5. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pop-up book PELITA plus dapat dikatakan valid dan sangat layak untuk digunakan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar yang mengalami masalah kesulitan belajar materi kenampakan alam.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pop-up Book PELITA Plus, Kenampakan Alam, Sekolah Dasar.