PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Landasan pengembangan media yang dilakukan peneliti mengenai permasalahan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Siswa melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah masing-masing melalui pembelajaran dalam jaringan (DARING). Tujuan peneliti mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran berbasis android pada materi tata surya adalah sebagai alternatif media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa dengan kualifikasi valid, efektif dan praktis. Media pembelajaran akan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi yaitu smartphone sehingga siswa dapat menggunakan media pembelajaran secara fleksibel, dimanapun dan kapanpun tak terbatas waktu. Penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) yang memiliki10 tahapan kemudian dimodifikasi menjadi 7 tahapan, dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dikatakan layak digunakan bagi siswa kelas VI SD. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media memperoleh presentase 86%, validasi materi sebesar 84%, kuisioner guru kelas sebesar 92%, dan kuisioner siswa sebagai pengguna sebesar 97,9%, serta rata-rata nilai posttest>pretest yakni 83,1>58,75. Sehingga dari hasil analisis data yang diperoleh dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa multimedia interaktif pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan.
Kata Kunci: multimedia interaktif, Android, tata surya, sekolah dasar