Pengembangan media game edukasi "RAYAKU" berbasis android pada pelajaran PPKN materi keberagaman budaya di kelas IV sekolah dasar

  • ismulia saroh UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • ulhaq zuhdi

Abstract

Landasan pengembangan media yang dilakukan peneliti dikarenakan permasalahan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Siswa melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah masing-masing melalui pembelajaran dalam jaringan (DARING). Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan media game edukasi “Rayaku” berbasis android pada materi kebergaman budaya sebagai alternatif media pembelajaran yang layak digunakan oleh siswa dengan kualifikasi valid, efektif dan praktis di kelas IV Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini bersumber dari perkembangan teknologi dan kesulitan belajar siswa kelas IV SDN 319 Gresik pada mata pelajaran PPKN materi keberagaman. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan kemudian dimodifikasi menjadi 7 tahapan. Proses uji validasi ahli materi memperoleh  hasil sebesar 83,3% (valid) dan pada uji validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 88,3% (valid) Sedangkan uji coba pada kelompok kecil yang bertujuan untuk menguji kepraktisan media game edukasi “Rayaku“ memperoleh hasil sebesar 92,4% (sangat praktis) dan nilai rata-rata siswa ketika sebelum dan sesudah menggunakan media game edukasi “Rayaku” pada 6 siswa kelas IV SDN 319 Gresik adalah 62,5 dan 80,8. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media game edukasi “Rayaku” berbasis android dapat dikatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, Game Edukasi Rayaku, Android, Keberagaman Budaya, Sekolah Dasar

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 126