Pengembangan Buku Suplemen Berbasis Mind Mapping Untuk Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Fika Ayu Farahdina Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Susetyo Rukmi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan produk buku suplemen berbasis mind mapping untuk keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V sekolah dasar dan mengetahui kualitas produk tersebut dari sisi kevalidan dan kepraktisan produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan berpedoman pada prosedur penelitian model ADDIE yang memiliki lima tahapan. Instrumen pengumpul data yaitu lembar validasi dan lembar angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil kevalidan produk diperoleh dari penilaian pada lembar validasi oleh ahli media dengan hasil sebesar 86,6% dan ahli materi sebesar 95%. Hasil kepraktisan produk diperoleh dari respon guru dalam lembar angket sebesar 90% dan respon siswa sebesar 90%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa buku suplemen berbasis mind mapping untuk keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V sekolah dasar bisa digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat valid dan sangat praktis.

Kata Kunci: pengembangan, buku suplemen, mind mapping, keterampilan menulis teks eksplanasi

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 190
PDF Downloads: 216