PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO “KITA NUSANTARA” DALAM MATA PELAJARAN PPKN SD MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA, SOSIAL, DAN BUDAYA

  • Adella Putri Aprilia Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar dimana gurunya masih banyak yang menggunakan media pembelajaran terbatas pada buku teks cetak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya inovasi dan kreativitas tenaga pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran serta rendahnya pemahaman peserta didik mengenai materi pelajaran. Teknologi digital saat ini telah berkembang dengan pesat dan bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, salah satunya untuk pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan, penelitian ini bertujuan diantaranya: (1) menciptakan sebuah produk yaitu media video “KITA NUSANTARA”, (2) mengetahui tingkat kelayakan media video “KITA NUSANTARA” dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai mata pelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar dengan materi keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di negara Indonesia. Subjek uji coba merupakan peserta didik kelas  IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan model ADDIE. Dari penelitian ini, diperoleh hasil uji validasi media dengan persentase sebesar 70,45% (layak), uji validasi materi diperoleh hasil persentase sebesar 69,44% (layak), dan uji coba yang dilaksanakan pada peserta didik diperoleh hasil persentase sebesar 88,75% (sangat layak). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media video “KITA NUSANTARA” layak diterapkan di sekolah dasar sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, PPKn, Media Video, Kita Nusantara

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 64