EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI PADA ARSITEKTUR PINTU GERBANG MAJAPAHIT SEBAGAI PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN PATI

  • Eka Murtiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi konsep geometri SD pada arsitektur Pintu Gerbang Majapahit sebagai peninggalan sejarah di Kabupaten Pati dan mengetahui pandangan dari guru mengenai hasil eksplorasi. Penelitian yang berjenis kualitatif transformatif ini menggunakan multiparadigma yakni postmodernism, criticalism, dan interpretivism. Metode yang digunakan meliputi writing critical auto|ethnography, writing as inquiry, dan postmodern interview. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya konsep geometri pada arsitektur Pintu Gerbang Majapahit antara lain berbagai macam garis, bangun datar, bangun ruang, sudut, simetri lipat dan simetri putar, pola pengubinan, titik pusat, juring, jari-jari, dan diameter. Pandangan guru terhadap hasil ekplorasi yaitu konteks Pintu Gerbang Majapahit dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran matematika berbasis budaya lokal. Oleh karena itu, penemuan ini menjadi inovasi baru dalam pendidikan terutama pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan semangat, kreatifitas, dan rasa ingin tahu terhadap konsep geometri karena melibatkan benda konkret dan budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, peneliti juga menemukan pengetahuan baru mengenai miskonsepsi guru terhadap bangun datar segienam.

Kata Kunci: Konsep Geometri SD, Pintu Gerbang Majapahit, Etnomatematika.

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 413
PDF Downloads: 348