Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Lompat Tali

  • Rifina Wildati Fadila Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat pada permainan tradisional lompat tali dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap hasil eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian transformatif, penelitian ini adalah penelitian dengan multiparadigma antara lain paradigma interpretatif, paradigma kritis dan paradigma postmodern. Teknik pengumpulan data menggunakan writing critical auto|ethnography, writing as inquiry, postmodern interview. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsep matematika sekolah dasar pada permainan tradisional lompat tali diantaranya membilang bilangan asli, bentuk lingkaran, peluang kejadian, pengukuran panjang dan jarak dengan satuan tidak baku, sudut, garis lurus, ruas garis, sinar garis, dan garis lengkung. Pandangan guru terhadap hasil eksplorasi yaitu permainan tradisional lompat tali dapat dijadikan sumber belajar matematika karena mudah dan dekat dengan siswa, menyenangkan sekaligus mengedukasi siswa. Adanya penelitian ini, diharapkan pembelajaran matematika dengan permainan lompat tali menjadi alternatif sumber belajar guna mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kata Kunci: Konsep matematika SD, permainan tradisional lompat tali, etnomatematikaPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat pada permainan tradisional lompat tali dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap hasil eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian transformatif, penelitian ini adalah penelitian dengan multiparadigma antara lain paradigma interpretatif, paradigma kritis dan paradigma postmodern. Teknik pengumpulan data menggunakan writing critical auto|ethnography, writing as inquiry, postmodern interview. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsep matematika sekolah dasar pada permainan tradisional lompat tali diantaranya membilang bilangan asli, bentuk lingkaran, peluang kejadian, pengukuran panjang dan jarak dengan satuan tidak baku, sudut, garis lurus, ruas garis, sinar garis, dan garis lengkung. Pandangan guru terhadap hasil eksplorasi yaitu permainan tradisional lompat tali dapat dijadikan sumber belajar matematika karena mudah dan dekat dengan siswa, menyenangkan sekaligus mengedukasi siswa. Adanya penelitian ini, diharapkan pembelajaran matematika dengan permainan lompat tali menjadi alternatif sumber belajar guna mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Kata Kunci: Konsep matematika SD, permainan tradisional lompat tali, etnomatematika

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 1831
PDF Downloads: 1605