EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA SHALAT TARAWIH MELALUI STUDI AUTO|ETNOGRAFI

  • Sabila Hikmah Syafiulia Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Integrasi antara matematika dan Islam diperlukan untuk memperkaya konteks matematika, selain itu juga sebagai usaha memperkuat keimanan dan ketaqwaan generasi bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep matematika pada shalat Tarawih danuntuk mengetahui persepsi guru terkait konsep matematika pada shalat Tarawih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis transformatif. Adapun Prosedur penelitian ini menggunakan five ways of knowing yaitu: Cultural-Self Knowing, Relational Knowing, Critical Knowing, Visionary and Ethical Knowing, Knowing in Action. Keabsahan data pada penilitian ini dinilai dengan versimilitude, critical refelxivity, authenticity dan trustworthieness. Berdasarkan data-data yang difokuskan pada hadits-hadits seputar shalat Tarawih, praktik pelaksanaan shalat Tarawih serta kekhasan yang terjadi karena shalat Tarawih ditemukan adanya konsep- konsep matematika yaitu konsep operasi hitung bilangan, bilangan ganjil, bilangan cacah, garis, waktu, jarak, dan KPK. Menurut pandangan guru konsep matematika yang ditemukan dalam shalat Tarawih sangat menarik dan dapat digunakan sebagai konteks matematika di sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya perubahan pandangan guru bahwa Shalat Tarawih dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang bermakna bagi siswa muslim.

Kata Kunci: Matematika dan Islam, Sekolah Dasar, Tarawih, Transformatif

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 236