PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF WAYANG SENO PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SD

  • Hesti Nurhandayani Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Yermiandhoko

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dirancang bertujuan untuk menghasilkan produk media interaktif wayang seno berbasis android pada mata pelajaran IPS materi keberagaman budaya bangsa khusunya pada pakaian adat di Indonesia. Untuk mengetahui tingkat kevalidan serta kelayakan penggunaan media interaktif wayang seno yang mencakup dari validitas materi dan validitas media. Penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE dari Sugiyono (2015) dengan 5 tahapan pengembangan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. oleh Dick and Carry (1996). Hasil penelitian menunjukkan uji validasi materi dengan persentase 92%, untuk media 86% dan 90,3% untuk hasil uji coba terbatas kepada siswa sekolah dasar dengan kategori sangat layak. Dari hasil tersebut maka dapat dibuktikan dan ditarik kesimpulan bahwa media interaktif wayang seno dikatakan valid dan layak sebagai media belajar dalam menghafal serta menguasai materi keberagaman budaya bangsa pakaian adat Indonesia pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, media, interaktif wayang seno, pakaian adat, android

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 73