Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika SD

  • della velyzia okta wijaya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Masa Pandemi Covid 19 mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring. Keabstrakan konsep matematika khususnya materi pecahan mengharuskan pendidik mencari alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan secara daring. PowerPoint menyediakan solusi untuk menyajikan media pembelajaran yang dapat memberikan permodelan pada konsep materi pecahan secara kontekstual dan mendorong pembelajaran berjalan lebih efektif. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan pengembangan media, kelayakan media dan respon siswa terhadap media pembelajaran powerpoint interaktif materi pecahan Kelas III SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar angket. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh, artinya menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel yaitu 13 siswa kelas III SDN 3 Tanggunggunung. Berdasarkan uji ahli didapatkan persentase kelayakan media sebesar, 91% dari dosen ahli materi, 85% dari dosen ahli media dan 89% dari dosen ahli bahasa, sehingga media masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan tanggapan pendidik dan siswa, media memperoleh persentase kelayakan sebesar 94% dari tanggapan pendidik dan 90% dari tanggapan siswa, dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media pembelajaran powerpoint interaktif materi pecahan pada mata pelajaran matematika SD sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif untuk mengajarkan materi pecahan matapelajaran matematika kelas III SD.

Kata Kunci : PowerPoint, Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Matematika, Pecahan, Kontekstual.

Published
2021-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 389
PDF Downloads: 284