STUDI ETNOMATEMATIKA PADA PERKEMBANGAN MOTIF BATIK GEDHOG TUBAN UNTUK MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Rahma Ega Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Perkembangan motif Batik Gedhog Tuban dapat dikaitkan dalam pembelajaran matematika berbasis budaya. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian transformatif. Prosedur penelitian ini mengacu pada lima dimensi pengetahuan antara lain Cultural-Self Knowing, Relational Knowing, Knowing Action, Critical Knowing, Visionary dan Ethical Knowing. Subjek penelitian ini adalah peneliti, pemilik produksi dan pengrajin Batik Gedhog Desa Margorejo, Desa Kedungrejo, dan Desa Jarorejo Kecamatan Kerek. Tujuan penelitian ini ialah : (1) Mengidentifikasi konsep matematika SD yang terdapat pada motif Batik Gedhog tradisional (2) Mengidentifikasi  konsep matematika SD yang terdapat pada perkembangan motif Batik Gedhog modern. (3) Menganalisis konsep matematika SD pada perkembangan motif Batik Gedhog Tuban sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa : (1) Konsep matematika SD yang terdapat pada motif Batik Gedhog tradisional yakni titik, garis sejajar, garis lengkung, segitiga, persegi panjang, lingkaran, belah ketupat, konsep pencerminan, kurva tertutup sederhana, simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar. (2) Konsep matematika SD yang terdapat pada motif Batik Gedhog modern yakni segitiga, persegi panjang, simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar segitiga dan persegi panjang, sudut siku-siku, kurva tertutup tidak sederhana, titik, garis lengkung, lingkaran, dan kurva tertutup sederhana. Beberapa konsep matematika SD yang tidak ada dalam motif Batik Gedhog tradisional seperti garis sejajar, belah ketupat, kurva sederhana, dan kurva tertutup tidak sederhana. (3) Konsep matematika pada perkembangan motif Batik Gedhog dapat diterapkan dalam pembelajaran SD sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 pada kelas rendah yakni kelas I,II, dan III, sedangkan di kelas tinggi dapat diterapkan pada kelas IV. Penelitian ini juga dapat menambah wawasan pembaca serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika SD.

Kata Kunci: etnomatematika, konsep matematika, perkembangan motif batik Gedhog Tuban

 

 

Published
2021-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 90