PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKN DALAM BENTUK CERITA BERGAMBAR ( KOMIK ) MATERI HAK KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB KELAS V

  • Atik Yuliningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Abstrak

Komik merupakan gambar gambar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu cerita. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengembangkan Media Pembelajaran PPKN Dalam Bentuk Cerita Bergambar ( Komik ) Materi Hak , Kewajiban dan Tanggung Jawab Kelas  V di SDN Growok I Bojonegoro dan Menguji Kelayakan dan Desain Model Media Pada Komik Materi Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab  Kelas  V di SDN Growok I Bojonegoro. Pengembangan media komik menggunakan model ADDIE yaitu Analisis, Desain, Pengembangan , Implementasi dan Evaluasi. Untuk pengumpulan data ada 3 yaitu dokumentasi, angket dan wawancara. Dari penelitian yang diperoleh bahwa media komik layak digunakan di SDN Growok 1 dengan penilaian ahli materi 4, 4 atau Baik dan ahli media 4 atau baik. Sedangkan untuk kelayakan media komik dengan validasi dari ahli materi dan ahli media Bagus dan Hasil dilapangan nilai kelas V diatas KKM hasil diperoleh nilai 100, yang berarti efektif karena nilai di atas KKM maka media komik dapat dikatakan layak untuk digunakan. Hasil penggunaan media adalah anak anak sangat antusias dalam membaca komik dan banyak yang angkat tangan untuk menjawab pertanyaan. Penggunaan media komik di SD Growok 1 dalam pembelajaran PPKn karena dikemas lebih sedikit tulisan dan terdapat banyak gambar serta tidak membosankan untuk dibaca. Kesimpulannya adalah pengembangan media PPKn bisa membuat kegiatan belajar yang berbeda dari biasanya.

 

Kata Kunci: Media, Komik, Hak, Kewajiban dan Tanggungjawab.

 

Abstract

Comics are pictures that are arranged in such a way as to form a story.  The purpose of this research is to develop PPKN Learning Media in the form of pictorial stories (comics) on the Rights, Obligations and Responsibilities of Class V at SDN Growok I Bojonegoro and to test the appropriateness and design of media models in comics on the rights, obligations and responsibilities of Class V at SDN  Growok I Bojonegoro.  Comic media development uses the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation.  For data collection there are 3, namely documentation, questionnaires and interviews.  From the research, it was found that comic media is suitable for use in SDN Growok 1 with the assessment of material experts 4, 4 or Good and media experts 4 or good.  The results obtained a value of 100, which means that it is effective because the value is above the KKM, so the comic media can be said to be suitable for use.  The result of using the media is that children are very enthusiastic in reading comics and many raise their hands to answer questions.  The use of comic media in SD Growok 1 in PPKn learning is because it is packaged in a bundle of writings and contains lots of pictures and is not boring to read.  The conclusion is that the development of PPKN media can make learning activities different from the usual.

 

Keywords: Media, Comics, Rights, Obligations and Responsibilities.

Published
2021-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 418
PDF Downloads: 210 PDF Downloads: 0