EKSPLORASI KONTEKS AKTIVITAS MASYARAKAT PETANI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD MELALUI CERITA DILEMATIS

  • Fanny Tri Kusumawardani Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika yang ditemukan melalui pengalaman peneliti berinteraksi dengan masyarakat petani di daerahnya dan menyusun rancangan soal cerita dilematis dalam pembelajaran matematika SD serta untuk mengetahui pandangan guru terkait hasil ekplorasi konsep matematika dan rancangan soal cerita dilematis dengan konteks aktivitas masyarakat petani.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif transformatif. Penelitian transformatif adalah penelitian yang berdasarkan refleksi kritis dari diri peneliti. Penelitian ini menggunakan metode auto|etnography dan multiparadigm yaitu postmodernism, interpretivism dan criticalism. Hasil penelitian transformatif ini adalah adanya konsep matematika SD yang ditemukan dalam aktivitas pertanian. Konsep matematika tersebut terdapat dalam aktivitas menghitung, mengukur, dan membilang. Kemudian peneliti menyusun soal matematika SD yang mengandung cerita dilematis dengan konteks pertanian.  Pandangan guru terhadap hasil identifikasi konsep matematika dan rancangan soal cerita dilematis dengan konteks aktivitas masyarakat petani yaitu konsep matematika SD terdapat dalam aktivitas pertanian dan soal cerita dilematis dengan konteks pertanian dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika SD. Adanya temuan ini diharapkan pembelajaran matematika SD melalui cerita dilematis dengan konteks aktivitas masyarakat petani dapat melatih proses berfikir kritis dan matematis siswa dalam memecahkan masalah serta kemampuan mengambil keputusan sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.

Kata Kunci: Aktivitas Masyarakat Petani, Matematika SD, Cerita dilematis, Penelitian Transformatif.

Published
2021-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 199
PDF Downloads: 348