PENGEMBANGAN MEDIA REMI BERGAMBAR PADA TEMA 5 PAHLAWAN-KU KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Septya Maharani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media Remi Bergambar merupakan media berupa kartu yang digunakan untuk sarana atau perantara guru menyampaikan materi yang akan disampaikan pada peserta didik khususnya pada peserta didik kelas IV Sekolah dasar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Remi Bergambar dan untuk mengetahui perkembangan media tersebut. Batasan Penelitian : Penelitian ini dilakukan hanya sebatas validasi materi dan validasi media kepada dosen ahli materi dan media yang sudah ditunjuk oleh peneliti karena pandemic yang tidak kunjung usai sehingga mengakibatkan kesulitan apabila melakukan penelitian langsung terhadap peserta didik Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode angket berupa instrument penilaian yang akan diberikan pada dosen ahli materi dan dosen ahli media sehingga dari angket tersebut peneliti dapat mengetahui nilai yang didapat termasuk dalam kategori valid atau belum valid. Hasil : Dari lembar validasi mendapatkan hasil skor sebesar 75% untuk validasi ahli materi yang berkategorikan cukup valid dan mendapat hasil skor sebesar 80.9% untuk validasi ahli media yang berkategorikan sangat valid. Kesimpulan : Media Remi Bergambar merupakan media yang sangat layak untuk diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran dengan revisi yang relative kecil.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Remi Bergambar, Tematik

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 41