PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD

  • Deah Uji Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti Suryanti

Abstract

Penelitian ini akan mengembangkan aplikasi multimedia interaktif dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang selaras dengan kemajuan abad 21 serta dapat melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Aplikasi multimedia interaktif yang dikembangkan ini bernama Ilmuwan Alit untuk materi gaya dan gerak kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan dalam melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menerapkan model R&D yang dijabarkan oleh Sugiyono dengan mengadaptasi pada tahap 1-6 saja yaitu (1) tahap analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui validasi, angket respon guru dan siswa, serta tes keterampilan berpikir kreatif siswa melalui uji coba produk pada 28 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Taman. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil validasi media mendapatkan presentase 89,00%, validasi materi 88,72% secara keseluruhan termasuk kategori sangat valid. Skor kepraktisan melalui respon siswa mendapatkan presentase 98,67% dan respon guru 96,66% termasuk kategori sangat praktis. Keefektifan media diperoleh berdasarkan uji N-Gain dan Mann Whitney dari hasil tes keterampilan berpikir kreatif siswa, melalui uji N-Gain diperoleh skor kelas eksperimen sebesar 0,61 dan kelas kontrol sebesar 0,22 artinya keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol, serta Uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan skor N-Gain antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukan bahwa aplikasi multimedia interaktif Ilmuwan Alit dengan pendekatan STEM pada materi gaya dan gerak untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran sekaligus mampu menstimulus siswa untuk merekayasa proyek dengan memanfaatkan benda sekitar yang menerapkan konsep materi gaya dan gerak.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pendekatan STEM, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 164