PENERAPAN STRATEGI KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN TAMBAKRIGADUNG I LAMONGAN

  • Dyah Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno

Abstract

PENERAPAN STRATEGI KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL)  UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN  SISWA KELAS V SDN TAMBAKRIGADUNG I LAMONGAN Dyah Wulandari PGSD, FIP, UNESA, (dyah.17010644033@mhs.unesa.ac.id)  Hendratno PGSD, FIP, UNESA  Abstrak  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dengan diterapkannya strategi pembelajaran KWL (Know-Want to know-Learned). Hasil penelian pada siswa kelas V SDN Tambakrigadung I Lamongan menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman dengan diterapkannya strategi pembelajaran KWL (Know-Want to know-Learned) yang ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II  serta ketuntasan klasikal mencapai 100% dengan kriteria sangat baik.  Kata Kunci: Strategi KWL, membaca pemahaman, hasil belajar.  Abstract The objectives of this study was to describe teacher and student activities and learning outcomes by implementing the KWL (Know-Want to Know-Learned) learning strategy. The results revealed that students on 5 grades elementary school, Tambakrigadung I lamongan showed the improvement of reading comprehension by using KWL (Know-Want to Know-Learned) learning strategy, it was shown by the learning outcomes in cycles I and II and classical completeness on 100% with very good category. Keywords: KWL strategy, reading comprehension, learning outcomes.

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 216
PDF Downloads: 163