EKSPLORASI LOKOMOTIF KERETA API INDONESIA SEBAGAI KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Transportasi bersejarah yang ada di Indonesia bermacam-macam, salah satunya adalah Kereta Api Indonesia. Kereta Api Indonesia dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika dalam materi geometri dan pengukuran di Sekolah Dasar. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil eksplorasi Lokomotif Kereta Api Indonesia menge
nai materi geometri dan pengukuran di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan narasumber, Kepala Sekolah SDN Kalijudan I Surabaya dan Kepala Sekolah SD Kiyai Amin Surabaya selaku subjek penelitian ini. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa: (1) Terdapat konsep Geometri dan Pengukuran pada Lokomotif Kereta Api Indonesia yang terdiri dari bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium dan lingkaran), bangun ruang (kubus dan balok) dan pengukuran sudut (lancip, siku-siku dan tumpul); (2) Konsep Geometri dan Pengukuran yang terdapat pada Lokomotif Kereta Api Indonesia bisa dijadikan alternatif sumber belajar matematika pada meteri geometri dan pengukuran di Sekolah Dasar berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran eksploratif.
Kata Kunci: Lokomotif Kereta Api Indonesia, Eksplorasi, Geometri dan Pengukuran, Pembelajaran Matematika