ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

  • Yuni Widawati Khofifah Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SDIT El-Haq Sidoarjo ini, bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada materi IPA tema peristiwa dalam kehidupan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB di SDIT El-Haq Sidoarjo yang berjumlah 24 siswa. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes dan wawancara, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif yang hasil datanya disajikan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VB di SDIT El-Haq Sidoarjo termasuk kedalam kategori yang beraneka ragam, yaitu sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V sekolah dasar pada materi IPA tema peristiwa da lam kehidupan termasuk dalam ketegori baik. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan persentase pada kategori baik yaitu sebesar 58,3%, kategori sangat baik memperoleh persentase sebesar 29,2%, kategori cukup dengan persentase sebesar 8,3%, dan kategori kurang yaitu sebesar 4,2%. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VB di SDIT El-Haq Sidoarjo berada pada kategori baik, disebabkan karena siswa sudah memahami konsep materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda yang terdapat pada tema peristiwa dalam kehidupan.        

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Taksonomi Bloom, IPA SD.

Published
2021-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 113