PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID “DARI” PADA MATERI DAUR AIR UNTUK SISWA KELAS V SD

  • Rhere Septiandika Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah

Abstract

Adanya wabah covid-19 serta kemajuan teknologi, pembelajaran sekolah dilangsungkan secara daring dengan menggunakan handphone atau smartphone sebagai media pembelajaran. Akibatnya banyak siswa yang kurang memahami materi. Terlebih materi daur air pada IPA, materi IPA membutuhkan praktik serta kejelasan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media DARI yang layak dipergunakan sebagai media pembelajaran. Pembuatan media DARI menggunakan metode Penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall. Adanya covid-19 peneliti menggunakan Borg and Gall 7 tahapan dalam pengembangan media antara lain pengumpulan informasi, perencanaan, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba dengan 6 siswa kelas V SD Negeri Jati Sidoarjo, revisi akhir produk. Pengumpulan data menggunakan observasi, hasil wawancara, tes, serta angket pengguna. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis inferensial dan menggunakan Skala Likert. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media DARI sangat valid  dengan tingkat kevalidan 86,6% untuk uji validasi materi dan 82% untuk uji validasi media. Dalam tingkat kepraktisan memperoleh 97,38% untuk angket siswa dan 80% untuk angket guru. Dalam keefektifan mendapatkan rata-rata skor N-Gain 0,71. Diperoleh kesimpulan bahwa media DARI dinyatakan layak sebagai media pembelajaran untuk materi daur air.

Kata Kunci: pengembangan media, android, media DARI, Daur air, IPA

Published
2021-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 888
PDF Downloads: 423