PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING POWERDROID TERINTEGRASI HOTS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

  • Lilik Safrida Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar mobile learning berorientasi HOTS pada materi interaksi manusia dengan lingkungan alam untuk siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan memaparkan desain produk, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar mobile learning yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan menurut ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kendangsari III Surabaya yang berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket untuk ahli materi, ahli media, guru dan siswa serta tes hasil belajar kognitif sesuai indikator HOTS. Hasil penelitian ini didapatkan 1) desain dari bahan ajar mobile learning terdiri dari 9 bagian utama, yaitu halaman utama, pendahuluan, petunjuk penggunaan, halaman menu, ayo belajar, ayo menalar, evaluasi, referensi dan profil pengembang; 2) berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan rata rata 4,7 termasuk dalam kategori “sangat valid”; 3) berdasarkan tanggapan guru dan siswa memperoleh rata-rata sebesar 4,59 termasuk dalam kategori “sangat praktis”; 4) berdasarkan analisis hasil belajar didapatkan hasil N-gain sebesar 0,43 termasuk dalam kategori sedang, dengan rata-rata pretest 63,8 < posttest 79,5, serta ketuntasan klasikal 70,6% sehingga dikategorikan“efektif” untuk digunakan

Kata Kunci: bahan ajar, mobile learning, HOTS, powerdroid, interaksi manusa, lingkungan alam

Published
2021-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 94