PENGEMBANGAN MEDIA GOTAKUR (ALGORITMA TAMBAH KURANG) BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Ika Fitria Mahmudha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kesulitan belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan disebabkan oleh kesalahan terapan, kesalahan memahami masalah, dan kesalahan memahami nilai tempat, untuk membantu menemukan solusi dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran Gotakur (Algoritma Tambah Kurang). Dikarenakan pandemi Covid-19 yang menyebabkan kegiatan belajarĀ  mengajar dilakukan secara daring maka media dikembangkan berbasis android untuk kelas II sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Gotakur berbasis android untuk kelas II sekolah dasar materi penjumlahan dan pengurangan; (2) Mendeskripsikan kelayakan media Gotakur berbasis android untuk kelas II sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil proses uji validasi materi mendapatkan persentase sebesar 89,2% dan validasi media mendapatkan hasil persentase sebesar 90,3%. Uji coba media dilakukan pada peserta didik kelas II SDN Gilang Sidoarjo memperoleh hasil kuesioner dengan persentase sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Gotakur sangat layak digunakan untuk pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan di sekolah dasar.

Kata Kunci: Penjumlahan dan pengurangan, android, media pembelajaran Gotakur.

Published
2021-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 102