Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 2 Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

  • Devy Dwi Asmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias dan minat belajar siswa pada kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, dapat dimanfaatkan guru untuk membuat media pembelajaran yang inovatif, sehingga peneliti mengembangkan media mengunakan Articulate Storyline 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Articulate Storyline 2. Jenis  penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang telah disederhanakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Nglongsor dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil analisis pengembangan media meliputi analisis kevalidan media dengan nilai dari validator ahli materi 81% berkategori “sangat valid” dan validator ahli media 87% berkategori “sangat valid”. Hasil analisis kepraktisan media dari respon peserta didik mendapatkan presentase 100% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan media dianalisis berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa dengan presentase 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa media berbasis Articulate Storyline 2 sangat layak untuk digunakan.

Kata kunci: Pengembangan, Articulate Storyline 2, daur hidup hewan

Published
2021-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 312
PDF Downloads: 273