Pengembangan Media Komik Webtoon Sebagai Alternaltif Media Pembelajaran Daring Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

  • Laili Roifatul Ummah Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah

Abstract

Di era pandemi covid-19 mewajibkan pembelajaran daring menggunakan perangkat elektronik, perangkat elektronik yang digunakan siswa dalam belajar memiliki dampak positif dan negatif, dampak positif yang terjadi pembelajaran jarak jauh bisa teratasi. Namun dampak negatif yang terjadi siswa mengerjakan tugas dari guru dengan mengandalkan mencari jawaban lewat internet, hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Karena pembelajaran jarak jauh menggunakan smartphone, guru harus bisa berkreasi mengembangkan pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian, minat belajar serta mematangkan pemahaman siswa, media pembelajaran yang inovatif dan kreatif menjadi salah satu jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Media pembelajaran Komik Webtoon merupakan media komik berbasis web yang bisa diakses melalui internet. Komik Webtoon memiliki alur cerita petualangan sekelompok anak mengenai materi siklus hidup hewan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Webtoon sebagai media pembelajaran daring yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan berdasar pada nilai kevalidan, kepraktisan, keefektifan media yang diperoleh selama penelitian. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, model pengembangan ADDIE memiliki lima tahap yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahap implementasi menggunakan sampel sebanyak 8 siswa kelas IV dengan sekali uji coba. Jenis data penelitian yang diperoleh yaitu kuanitatif didapatkan dari validasi ahli, perhitungan angket respon pengguna, dan pretest-posttest yang dihitung menggunakan N-gain, serta data kualitatif didapatkan dari saran dari ahli media, ahli materi dan penilaian respon pengguna. Media Komik Webtoon memperoleh nilai kategori cukup layak digunakan dengan kevalidan media sebesar 82,5% dan kevalidan materi sebesar 72,5%. Tingkat kepraktisan media kategori praktis sebesar 85% angket respon guru dan 97,39% angket respon siswa. Dan tingkat keefektifan media dengan kategori tinggi berdasarkan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,75. Hasil peningkatan menunjukkan bahwa media Komik Webtoon materi siklus hidup hewan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan media, media Komik Webtoon, Siklus hidup Hewan.

Published
2021-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 859
PDF Downloads: 466