Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pembelajaran PPKn materi Lambang Negara di Kelas III

  • Kiky Wahyu Dewanti Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk mengetahui proses dan kevalidan dari pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) menyesuaikan tujuan serta karakteristik pembelajaran PPKn materi Lambang Negara kelas III di SD Negeri Sumur Welut 1/438 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode/model ASSURE (Analyze; State; Select; Utilize; Require; Evaluate and revise) dari enam tahapan ini terdapat satu tahapan yang tidak dilakukan yaitu Require (Melibatkan partisipasi siswa) dengan alasan dalam masa pandemi Covid-19 pembelajaran yang berlangsung menjadi tidak efektif. Jenis data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan skala Linkert untuk mengukur kevalidan RPP, materi, dan media. Uji validasi dilakukan oleh tiga ahli berikut hasil dari ahli desain pembelajaran (RPP) untuk uji kevalidan mendapatkan 87,5%, ahli materi untuk uji kevalidan mendapatkan 90% dan ahli media untuk uji kevalidan mendapatkan 85,4%. Berdasarkan hasil uji kevalidan yang didapat masuk ke dalam kriteria “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) materi Lambang Negara “Garuda Pancasila” untuk kelas III di SD Negeri Sumur Welut 1/438 Surabaya telah valid dan dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif Ceria (MIC), Lambang Negara “Garuda Pancasila"

Published
2021-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 214