Pengembangan Media Interaktif Motion Graphic "SINEMAS" Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Kelas V Sekolah Dasar

  • Da'imatu Shalawah Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari -

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ditemukan adanya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh, yakni peserta didik seringkali mengalami kesulitan saat dihadapkan dengan materi yang bersifat abstrak dan kompleks karena aktivitas yang terbatas dan hanya menerima materi yang diberikan oleh guru. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini ialah mengembangkan produk media pembelajaran interaktif motion graphic yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahapan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation) . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan (1) lembar validasi ahli, (2) lembar tes siswa, serta (3) angket respon pengguna. Jenis data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kevalidan media memperoleh nilai persentase 98% dan validasi materi 88% yang masuk pada kategori sangat valid. Hasil angket respon pengguna mendapat nilai presentase sebesar 93,75% yang masuk pada kategori sangat praktis , serta nilai hasil tes peserta didik dengan N-Gain sebesar 0,47 yang masuk pada kategori sedang. Kesimpulannya, media interaktif motion graphic “SINEMAS” dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia kelas V SD.

Kata Kunci: pengembangan media, motion graphic, sistem pencernaan pada manusia

Published
2021-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 60