Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran dan mengetahui apakah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Lebo semester 2 tahun ajaran 2020/2021 pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan instrumen observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, penilaian hasil belajar ranah afektif, psikomotor dan kognitif. Penialaian tersebut memperoleh hasil belajar dengan rata-rata persentase ?75%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dinyatakan 28% tuntas untuk hasil pretest sedangkan 57% dinyatakan tuntas untuk hasil posttsest. Skor nilai N-Gain hasil belajar peserta didik sebesar 0,371. Berdasarkan hasil uji beda hasil belajar (Uji T) diperoleh thitung > ttabel (2,070>1,662). Artinya gain hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Maka dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dan calon guru dalam pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: model discovery learning, hasil belajar.