ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DARING: RENCANA, IMPLEMENTASI DAN EVALUASI DI SEKOLAH DASAR

  • nahja sabila Universitas Negeri Surabaya
  • ulhaq zuhdi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peralihan kegiatan belajar mengajar dari tatap muka menjadi daring karena pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga membuat guru harus berinovasi untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan namun bermakna di tengah kondisi pandemi ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan guru pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis daring di kelas rendah UPT SD Negeri 40 Gresik. Subyek penelitian adalah Guru kelas rendah di UPT SD Negeri 40 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Data analisis menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam pembelajaran berbasis daring yang masuk pada katergori baik adalah merencanakan pembelajaran (Planning), implementasi yang meliputi penyampaian pembelajaran (Lesson Presentation) dan menjaga kedisiplinan pembelajaran (Discipline), serta kegiatan evaluasi yang berupa penilaian dan mengontrol perkembangan siswa (Assessing Pupil’s Progress); 2) Keterampilan guru dalam pembelajaran daring yang masuk pada kategori cukup baik adalah pada implementasi pembelajaran yang meliputi mengatur jalannya pembelajaran (Lesson Management) dan mengatur suasana kelas atau pembelajaran (Classroom Climate), serta pada kegiatan evaluasi yang berupa refleksi dan evaluasi (Reflection and Evaluation). Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru kelas rendah dalam pembelajaran berbasis daring yang meliputi rencana, implementasi dan evaluasi di UPT SD Negeri 40 Gresik sudah baik.

Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pembelajaran Daring

Published
2021-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 454