STUDI AUTOETHNOGRAFI PEMBUATAN VIDEO SENI KARAWITAN LANCARAN KEBOGIRO UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Dyah Marta Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep autoetnografi yang ditemukan pada seni karawitan lancaran kebogiro, pembuatan desain video seni karawitan lancaran kebogiro dan pembuatan desain pembelajaran menggunakan video seni karawitan lancaran kebo kiro untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar.  Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe tranformatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui studi autoethnografi, studi literatur dan wawancara semiterstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah konsep matematika yang ditemukan dari seni karawitan lancaran kebogiro berupa materi bangun datar  (persegi, persegi panjang, lingkaran dan trapesium), bangun ruang (bola / setengah bola, balok dan tabung),  bilangan asli, pola bilangan prima, kegiatan membilang, operasi hitung (penjumlahan dan perkalian) dan pecahan. Di era new normal seperti ini, video pembelajaran sangatlah dibutuhkan untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran daring. Penemuan konsep matematika dalam seni karawitan lancaran kebogiro tersebut selanjutnya dijadikan sebagai materi dalam pembuatan video pembelajaran dan desain kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Desain pembuatan video  mulai dari tahap pra produksi (flowchart, storyboard, skrip), tahap produksi (shooting dan rekaman audio) dan tahap pasca produksi (editing, mixing dan mastering). Hasil video pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai media pembelajaran di era new normal baik dilakukan secara mandiri oleh peserta didik (penugasan), pembelajaran daring tatap muka melalui virtual meeting dan pembelajaran langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kata Kunci: Matematika, kebogiro, video, bangun datar, bangun ruang

 

Abstract

The purposes of this study is to describe the autoetnographic concept found in the seni karawitan lancaran kebogiro, prosess to making video designs of seni karawitan lancaran kebogiro and prosess to making of learning designs using the seni karawitan lancaran kebogiro video for learning mathematics in elementary schools. This research uses qualitative research methods with a transformative type. The data collection technique in this research is through autoethnographic studies, literature studies and semi-structured interviews. The results of this study are the mathematical concepts found from the seni karawitan lancaran kebogiro in the form of plane figure (square, rectangle, circle and trapezoid), solid figure (sphere/ half sphere, cuboid and cylinder), natural numbers, prime number, numeration, operation counts (addition and multiplication) and fractions. In the new normal era like this, instructional videos are needed to support the process of online learning activities. The discovery of the concept of mathematics in the seni karawitan lancaran kebogiro is then used as material in making instructional videos and the design of mathematics learning activities in elementary schools. The design of video creation starts from the pre-production stage (flowchart, storyboard, script), the production stage (shooting and audio recording) and the post-production stage (editing, mixing and mastering). The results of the learning videos can be used as learning media in the new normal era, both independently carried out by students (assignments), online learning through virtual meetings and direct learning by applying health protocols.

Keywords: Mathematics, kebogiro, videos, plane figure, solid figure, geometry

Published
2021-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 399