PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KATA BERGAMBAR MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR PADA KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN

  • windu asmoro rini Universitas Negeri Surabaya
  • wahyu sukartiningsih

Abstract

Berdasarkan pengamatan kendala yang dialami guru adalah kesulitan dalam menemukan media yang tepat untuk keterampilan membaca siswa kelas 1 sekolah dasar pada pembelajaran daring. Maka dari itu dibuat media puzzle kata bergambar menggunakan aplikasi instagram untuk materi membaca permulaan. Media puzzle kata bergambar merupakan susatu permainan menyusun huruf menjadi sebuah kata dengan memanfaatkan fitur instagram. Penelitian ini bertujuan untukĀ  menjelaskan prosedur, mengetahui kevalidan dan mengetahui kepraktisan media puzzle kata bergambar menggunakan aplikasi instagram untuk siswa kelas 1 sekolah dasar pada keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggris disebut Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penilaian lembar alidasi dan angket. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan. Media puzzle kata bergambar memperoleh tingkat validitas sebesar 87,5% dari uji validasi media dan 95% dari uji validasi materi sehingga keduanya termasuk dalam kategori sangat valid dan tidak perlu revisi. Sedangkan untuk tingkat kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket respon guru dan siswa masing-masing memperoleh persentase tingkat kepraktisan 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis dan tidak perlu revisi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media puzzle kata bergambar menggunakan aplikasi instagran dapat dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran mlembaca permulaan.

Kata Kunci: pengembangan media, media puzzle kata bergambar, aplikasi instagram, keterampilan membaca

Published
2021-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 506
PDF Downloads: 403