EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA KENDUREN WONOSALAM SEBAGAI KEARIFAN LOKAL KABUPATEN JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika sekolah dasar yang terdapat pada KenDuren Wonosalam dan menemukan keterkaitan konsep matematika yang terdapat pada KenDuren Wonosalam dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian yaitu transformative research. Adapun paradigma yang digunakan berupa multiparadigma meliputi critical paradigm, interpretative paradigm, dan post modern paradigm. Prosedur penelitian didasarkan pada five ways of knowing oleh Peter Charles Taylor (2015) diantaranya culture self-knowing, critical knowing, relational knowing, visionary and ethical knowing, dan knowing in action. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi verisimilitude, critical reflexivity, authenticity,dan trustworthiness. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya konsep matematika pada KenDuren Wonosalam diantaranya konsep waktu, bilangan cacah dan pecahan, operasi hitung bilangan, jarak, hitung lompat (skip counting), satuan baku, geometri bangun datar dan bangun ruang, luas dan keliling. Selain itu juga ditemukan adanya keterkaitan konsep matematika pada KenDuren Wonosalam dengan kompetensi dasar pada kurikum 2013 di sekolah dasar.
Kata Kunci: konsep matematika sekolah dasar, KenDuren Wonosalam, penelitian transformatif, kurikulum 2013.