Pengembangan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Mendongeng Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Aisiyah Amini Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Rendahnya minat siswa dalam menceritakan isi dongeng dikarenakan kurangnya media yang mendukung, terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran membuat siswa merasa bosan sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan media komik digital untuk meningkatkan keterampilan mendongeng pada siswa kelas II sekolah dasar serta untuk mengetahui kuaitasnya dalam hal kepraktisan dan kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahawa prosedur pengembangan media melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, penelitian, dan evaluasi. Hasil kevalidan menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 90 dan validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 96,25. Kepraktisan media menunjukkan hasil angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 98 dan angket guru memperoleh nilai sebesar 90. Disimpulkan bahwa kevalidan media dan materi dapat dikatakan valid dan kepraktisan masuk kedalam kategori praktis.

Kata Kunci: media, komik, mendongeng

Published
2021-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 239
PDF Downloads: 353