Pengembangan Media Pembelajaran CAI Berbasis Adobe Flash Pada Materi Siklus Air Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Pembelajaran IPA merupakan sebuah rumpun ilmu yang mempelajari tentang sebab akibat kejadian yang ada di alam semesta ini. Dalam mata pelajaran IPA merupakan suatu pengetahuan teori yang disusun dengan cara yang khas, melalui eksperimen, observasi, penyimpulan, penyusunan teori, dan seterusnya yang saling mengaitkan satu sama lainnya Hambatan dalam pembelajaran IPA adalah kurangnya minat peserta didik dikarenakan ilutrasi atau media yang digunakan kurang menarik minat siswa. Dengan sarana dan prasarana yang memenuhi, permasalahan ini dapat diatasi dengan mengembangkan media yang mudah dan menarik perhatian peserta didik, yaitu dengan menggunakan media CAI (Computer Assistand Instruction). Peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan media pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran CAI berbasis Adobe Flash pada materi siklus air mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar, dan mendeskripsikan validitas media pembelajaran CAI berbasis Adobe Flash pada materi siklus air mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket validasi. Media ini dikembangkan dengan menggunakan procedural ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan skor yang didapat dari ahli materi adalah sebesar 84%, sedangkan ahli media memberikan skor sebesar 81% sehingga media ini masuk ke dalam kriteria layak digunakan untuk mendukung pembelajaran IPA kelas V SD pada materi siklus air mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Pengembangan, CAI, Adobe Flash, Siklus Air
Abstract
Science learning is a science that studies the cause and effect of incidents in this universe. In the school subject, Science is a theoretical knowledge arranged in a typical way through the experiment, observation, conclusion, theory formulation, and so on, which relate to each other. The constraint in Science learning is the lack of students' interest because the illustration or media used is less attractive. With proper facilities and infrastructures, this problem can be solved by developing media that is easy and attractive to students, which is by using CAI media (Computer Assistant Instruction). Students can directly interact with the learning media. Therefore, this study aims to: describe the process of developing Adobe Flash-based CAI learning media in water cycle materials for Science subjects in 5th-grade Elementary School and describe the validity of Adobe Flash-based CAI learning media on water cycle materials for Science subjects in 5th-grade Elementary School. This study used a research and develop method. The data collection techniques used were observation and validation questionnaires. This media was developed using ADDIE procedural (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) and validated by the material expert and media expert. The results of the study showed that the score obtained from the material expert is 84%, while from the media expert is 81%. Thus, this media is included in the category of eligible to use to support Science learning for 5th-grade Elementary School regarding water cycle materials.
Keywords: Development, CAI, Adobe Flash, Water Cycle