PENGEMBANGAN MEDIA TOPENG KARAKTER UNTUK KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media topeng karakter dan mengetahui hasil pengembangan media topeng karakter yang ditinjau dari tingkat kevalidan media, tingkat kevalidan materi, serta keefektifan dan kepraktisan media pada materi bercerita dongeng untuk kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE, pengembangan tersebut melalui lima tahapan yaitu menganalisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan mengevaluasi. Dalam proses penelitian menggunakan instrumen penelitian, lembar validasi materi, lembar validasi media, penilaian angket yang diberikan kepada guru kelas III dan siswa kelas III sekolah dasar, serta lembar penilaian keterampilan bercerita bagi siswa kelas III. Hasil dari analisis data menunjukkan nilai uji validasi media dengan skor 87% dan uji validasi materi dengan skor 84%. Berdasarkan perolehan skor tersebut maka media topeng karakter dan materi dinyatakan sangat valid. Hasil penilaian yang diperoleh dari angket menunjukkan skor 81,6% dengan kategori sangat efektif dan praktis, hasil penilaian keterampilan bercerita siswa mencapai kisaran nilai 61 sampai 80 menunjukkan bahwa media topeng karakter bisa digunakan oleh siswa dengan baik dan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, media topeng karakter, keterampilan bercerita.