PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SMARTPHONE MATERI SUHU DAN KALOR PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 SD/MI

  • Aulia Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran SuKa (Suhu dan Kalor) berupa multimedia interaktif berbasis smartphone materi suhu dan kalor pembelajaran IPA kelas 5 SD/MI serta untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektivan media yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan batasan tahapan hanya 8 tahap, yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian dengan desain uji coba one group pretest – posttest. Kevalidan media ditunjukkan berdasaarkan hasil validasi materi memeroleh persentase sebesar 85,71% dengan katagori “sangat valid” dan hasil validasi media memeroleh persentase sebesar 88,57% dengan kaagori “sangat valid”. Kepraktisan media diperoleh dari hasil angket respon penggunaan media oleh peserta didik dan guru kelas 5 yang menunjukkan hasil persentase sebesar 70% oleh peserta didik dengan katagori “praktis” pada uji coba produk dan 85,69% dari respon peserta didik dan 86% dari respon guru kelas dan dari kedua persentase tersebut termasuk dalam katagori “sangat praktis” pada uji coba pemakaian. Sedangkan media pembelajaran SuKa dinyatakan efektif berdasarkan hasil Uji T sebesar 3,562 dengan taraf siginifikansi sebesar 5% dan df=N-1 (12-1)= 11 maka diketahui nilai t tabel sebear 2,201. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran SuKa efektif karena nilai t hitung > t tabel = 3,562> 2,201.

Kata Kunci: multimedia interaktif, smartphone, suhu dan kalor

Published
2021-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 378