Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran IPS secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Wedoro Waru Sidoarjo

  • Muhammad Alfin Nurudin Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Abstrak

Pembelajaran jarak jauh menjadi gaya hidup baru saat ini dengan tujuan pembatasan interaksi sosial guna menekan penyebaran virus corona. Pembelajaran IPS yang terkait dengan isu-isu sosial tentu menjadi sebuah problematika tersendiri bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh guru selama melakukan pembelajaran daring.  Jenis penelitian skripsi ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melaksanakan pembelajaran daring tersebut guru kelas mengalami beberapa kesulitan, diantaranya ada sebagian siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone android, keterbatasan sinyal, dan ada orang tua peserta didik yang kesulitan dalam membimbing anaknya.(2) Faktor yang mempengaruhi adanya kesulitan yaitu diantaranya yang dari sisi guru, beberapa guru termasuk guru kelas belum bisa menggunakan aplikasi-aplikasi terkini seperti google classroom dan lainnya sehingga hanya memakai grup WhatsApp, dari sisi siswa yaitu ada sebagian peserta didik yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti handphone android, paket data (bisa dikatakan sebagai faktor ekonomi), keterbatasan sinyal dan ada sebagian orang tua yang tidak memantau anaknya dalam belajar (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang ada selama pelaksanaan pembelajaran daring yaitu diantaranya dengan menyediakan tugas offline, guru rutin melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik serta pemberian fasilitas paket data kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa kesulitan yang dihadapi guru kelas dalam menerapkan pembelajaran daring adalah kendala umum yang dapat dialami oleh guru lain, tidak ada kesulitan khusus yang hanya dialami oleh guru kelas.

Kata Kunci: Kesulitan Guru; Pembelajaran Daring; Virus Corona

Published
2021-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 230
PDF Downloads: 110