PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MATERI MENULIS TEKS EKPOSISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ekasari Cris Monita Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan validitas dan kepraktisan modul interaktif untuk materi menulis teks eksposisi siswa kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini digunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Namun dalam penelitian ini akan dimodifikasi menjadi model 3-D sampai tahap pengembangan (develope). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Untuk mengetahui validitas modul interaktif, digunakan lembar validasi yang  diberikan untuk alhi materi dan ahli media. Sedangkan untuk mengetahui kepraktisan modul interaktif, digunakan angket yang ditujukan untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan validitas materi mendapat persentase 68,75% dengan kategori valid, sedangkan validitas media mendapat persentase 84,44% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui persentase kepraktisan modul interaktif yang diperoleh dari angket siswa sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan persentase kepraktisan modul interaktif yang diperoleh dari angket guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian yang telah disampaikan dapat disimpulkan bahwa modul interaktif yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks eksposisi siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci : modul interaktif, menulis, eksposisi

Published
2021-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 214