PENGEMBANGAN MEDIA GERAK GAMBAR DAN KATA BERBASIS ANDROID UNTUK KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Siti Ainur Rachmatullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bercerita merupakan salah satu bentuk keterampilan berbicara yang harus dikuasai oleh semua orang. Sehingga, hal tersebut harus diajarkan sejak dini, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Akan tetapi, terdapat beberapa masalah yang terjadi saat pembelajaran bercerita dilakukan. Salah satunya adalah siswa belum bisa memahami materi dengan baik dikarenakan kurangnya motivasi belajar akibat suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan. Permasalahan lain yang juga menjadi faktor penyebab pembelajaran bercerita kurang bisa dipahami oleh siswa adalah kurang tepatnya pemilihan media pembelajaran. Selain itu, kebingungan siswa dalam pemilihan diksi yang tepat dalam bercerita juga menjadi permalasalahan saat kegiatan bercerita dilakukan. Permasalahan-permasalahan tersebut harus bisa diatasai. Apalagi sekarang ini semuanya sedang berada dalam kondisi pandemi covid 19 yang membatasi seluruh aktivitas dalam berbagai bidang kehidupan, khususnya dalam bidang pendidikan. Sehingga, dibutuhkan media yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran bisa tetap berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Gerak Gambar dan Kata Berbasis Android yang telah diuji kevalidan dan kepraktisannya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar angket. sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kaulitatif. Untuk hasil penelitian memperoleh skor validasi materi sebesar 95,11% yang tergolong kategori “sangat valid”, hasil validasi media memperoleh skor 90% yang dapat digolongkan dalam kategori “valid”, dan kepraktisan media memperoleh skor sebesar 94% yang dapat digolongkan kedalam kategori “sangat praktis”.

Kata Kunci: pengembangan, media gambar dan kata, berbasis android, keterampilan bercerita

Published
2021-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 102