PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS MATERI ENERGI KALOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V

  • Alya Safrina Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti .

Abstract

ABSTRAK

 

Nama                                    : Alya Safrina

NIM                                       : 17010644135

Program Studi                    : S-1

Jurusan                                 : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas                               : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga                 : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing                       : Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.

 

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis etnosains dilatar belakangi oleh kurangnya perangkat pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan kebudayaan sehingga peserta didik cenderung meninggalkan nilai kebudayaan tradisional dalam memahami konsep pengetahuan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis etnosains guna meningkatkan minat belajar peserta didik. Kelayakan perangkat pembelajaran ini akan diuji pada tingkat validitas, praktis dan efektifitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model 4-D. Pada uji validitas perangkat pembelajaran menggunakan instrumen validasi yang diberikan kepada validator ahli. Uji kepraktis dapat diukur dengan menggunakan lembar observasi. Uji tingkat efektifitas dapat diukur dari ketercapaian hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Gading III Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan antara lain : RPP dan LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan layak digunakan. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan presentase N-Gain pada hasil belajar peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis etnosains berada pada kategori “valid” dengan skor rata-rata 3,2 pada RPP dan 3,27 pada LKPD. Perangkat pembelajaran ini juga dinyatakan “sangat praktis” dengan perolehan skor 87,9% serta efektif dengan perolehan N-Gain 0,735. Perangkat pembelajaran dinyatakan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan perolehan presentase 69,16% sebelum pembelajaran etnosains diterapkan dan 98,3% sesudah pembelajaran etnosains diterapkan. Berdasarkan data yang diperoleh perangkat pembelajaran IPA berbasis etnosains layak digunakan untuk menumbuhkan motivasi/minat belajar peserta didik dalam materi energi kalor.

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Etnosains, Energi Kalor, Minat.

 

Published
2021-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 300
PDF Downloads: 867