Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar

  • nony vierna damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • mulyani mulyani

Abstract

Abstrak

Power point adalah media yang dikembangkan sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS. IPS adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki materi yang kompleks. Hal ini menyebabkan kurangnya antusias dan minat siswa terhadap materi IPS karena modul yang digunakan hanya berupa bacaan saja. Pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher center dimana siswa hanya menerima penjelasan dari guru tanpa bisa berperan aktif dalam pembelajaran secara optimal. Media power point ini dipilih karena bersifat praktis dan didukung kecanggihan teknologi. Media power point tidak hanya menyajikan tampilan visual, melainkan audio dan juga video. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk media power point. Kelayakan produk media power point ditinjau dari segi validitas media dan validitas materi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi dan observasi. Media pembelajaran power point ini dikembangkan berdasarkan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan skor yang didapat dari ahli materi adalah sebesar 75%, sedangkan ahli media sebesar 87,5% sehingga media ini masuk ke dalam kriteria layak digunakan untuk mendukung pembelajaran IPS kelas V SD dengan materi peristiwa sekitar kemerdekaan.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Power point,IPS Sejarah.

 

Abstract

Power point is a media that developed to improve students ' acknowladge of social science subjects. Social is one of the subjects that has a complex matters. This problem caused the  lack of enthusiasm and interest of the students to the materials because the module is used for reading course only. Learning based on  teacher center, where students only receive an explanation from the teacher without being able to play an active role in the class. Power point was chosen because it is practical and supported the sophistication of the technology. Media power point not only present as a visual display, but also the audio and video. This study aims to determine the feasibility of the product that is power point. Product eligibility of this media are based on media validation and material validation. This study used a qualitative method. The data collection techniques were validation questionnaires and observation. This media was developed using ADDIE procedural (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) and validated by the material expert and media expert. The results of the study showed that the score obtained from the material expert is 75%, while from the media expert is 87,5%. Thus, this media is included in the category of eligible to use to support Social learning for 5th-grade Elementary School regarding the events surrounding the proclamation materials.

Keywords: Development, Power Point Media, History.             

Published
2021-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 461
PDF Downloads: 325