KONSEP GEOMETRI DALAM MOTIF BATIK MOJOKERTO SEBAGAI PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT

  • Mohammad Thoriqul Islam Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk eksplorasi konsep geometri matematika sekolah dasar yang terdapat pada motif batik Mojokerto dan bagaimana pandangan guru terhadap hasil eksplorasi konsep geometri dalam batik mojokerto sebagai sumber pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan multiparadigma yakni postmodernism, criticalism, dan interpretivism yang merupakan penelitian berjenis kualitatif transformatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Writing Critical Auto|Etnography Inquiry, Writing as Inquiry, dan Postmodern Interview. Hasil pengumpulan data penelitian diperoleh 9 jenis motif batik Mojokerto yang akan dieksplorasi konsep geometrinya. Penelitian ini menghasilkan adanya konsep geometri matematika sekolah dasar pada motif batik mojokerto antara lain titik, garis lurus, garis lengkung, garis zig-zag, garis sejajar, sudut lancip, sudut tumpul, sudut siku-siku, segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, lingkaran, oval, dan simetri lipat. Menurut pandangan guru terhadap konsep geometri yang ditemukan pada motif batik mojokerto dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik sekaligus mengedukasi serta memperkaya literasi tentang budaya lokal.

Kata Kunci: etnomatematika, konsep geometri SD, batik mojokerto

Published
2021-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 318
PDF Downloads: 394